Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Testimonials

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Sandro Rosell
FC Barcelona President

Melihat Kesiapan Pemda dan BPTU-HPT Indrapuri Kembangkan Sapi Indukan Brahman Cross di Aceh

Lahan seluas 64 Ha di Le Seu‘uem Kabupaten Aceh Besar akan disiapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Aceh dalam upaya mendukung peningkatan populasi sapi di dalam negeri.

Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) pada tahun ini berencana akan menambah populasi sapi indukan melalui impor sapi Brahman Cross dari Australia.

Terkait upaya pemerintah pusat tersebut, Gubernur Aceh tertanggal 13 September 2017 telah mengirimkan surat dukungannya kepada Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan terhadap alokasi sapi indukan brahman cross untuk Pemerintah Aceh.

Pemerintah Aceh merekomendasikan lahan di Le Seu ‘uem Kabupaten Aceh Besar karena pada lokasi tersebut sudah terdapat lahan hijauan dan infrastruktur pendukung yang sudah dibangun pada tahun 2014 dan 2015 oleh PT. Putra Bumou Aceh, Banda Aceh.

PT. Putra Bumou Aceh sebelumnya mendapatkan HGU (Hak Guna Usaha) atas lahan tersebut, namun secara SIMAK BMN lahan tersebut milik Kementerian Pertanian. Untuk itu Gubernur Aceh melalui Wakil Gubernurnya tanggal 21 November 2017 telah menyurati PT. Putra Bumou Aceh untuk membuka Police Line secara peraturan perundang – undangan dan surat tersebut juga ditembuskan ke Kapolda Aceh.

Untuk itu, Sugiono Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak pada saat kunjungannnya ke lokasi tanggal 7 Desember 2017 mendapat informasi dari Dinas Peternakan Provinsi Aceh bahwa Police Line segera akan dibuka oleh yang berwenang.

Sambil mengecek pembangunan fisik kandang indukan, kelahiran dan rearing yang berada di lokasi tersebut, Sugiono bersama dengan Zulyazaini Yahya Kepala Dinas Peternakan Provinsi Aceh juga sepakat untuk membentuk Tim yang beranggotakan dari Dinas Perternakan Provinsi Aceh dan BPTU-HPT Indrapuri untuk mempersiapkan penanaman hijauan dan infrastruktur dalam rangka persiapan menyambut kedatangan indukan Brahman Cross tahun ini.

Sebagai langkah tindaklanjutnya, Dinas Peternakan Provinsi Aceh telah mengalokasikan APBD tahun anggaran 2018 sebesar 18 milyar untuk menyiapkan pembuatan sumur bor sebagai sumber air dan merawat hijauan pakan ternak, serta untuk memperbaiki kerusakan sarana infrastruktur di lokasi tersebut.

“Permohonan dukungan pembuatan embung sebagai sumber air akan segera diajukan kepada Kementrian Pertanian cq. Ditjen PSP,” ungkap Zulyazaini Yahya. Selanjutnya BPTU-HPT Indrapuri akan membantu menyiapkan dan merawat hijauan dengan penyediaan pakan hijauan 60 ton/perhari untuk 1.000 ekor sapi indukan.
-
-
sumber: #Kementerian Pertanian Republik Indonesia