Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Testimonials

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Sandro Rosell
FC Barcelona President

Cibubur (TROBOS.COM). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar peternak melaksanakan konsolidasi dan membentuk model korporasi, saat menutup kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 yang berlangsung di Buperta Cibubur (24/9).
 
Joko Widodo memaparkan, ingin melihat model pembangunan peternakan dalam bentuk korporasi, tapi di dalamnya merupakan kumpulan peternak-peternak rakyat dalam jumlah yang banyak, baik dalam bentuk badan usaha koperasi maupun perusahaan.
 
“Saya ingin ada sampel 1 orang atau 3 orang berkelompok berkonsolidasi membangun industri peternakan, yang jika dihitung dari segi bisnis dan ekonomi memberikan keuntungan yang besar.
 
Jokowi memberi contoh  cara mengkorporasikan peternak adalah industri bibit, pakan, dan penggemukan dikonsolidasikan dari hulu ke hilir.
 
“Peternak saat ini tidak boleh melakukan seperti yang dulu-dulu. Sekarang harus mengkonsolidasikan agar biaya bisa turun dan lebih efisien,” ungkap presiden.
 
Jokowi menegaskan, ingin melihat industri peternakan berjalan dengan baik. “Kita ingin membuat kebijakan yang tidak meninabobokan kita. Lebih bagus kalau kita memberikan rangsangan agar peternak masuk ke sistem bank. Mengindustrikan peternakan dengan operator kandang yg modern,” tandasnya.
 
Jokowi menyatakan terus berusaha menghilangkan regulasi yang menghambat semua. “Kita harapkan industri peternakan bisa muncul dengan bentuk industri yang modern,” ungkap dia.
 
 
Dalam kegiatan ini diserahkan hadiah kontes domba dan kambing serta piagam rekor MURI untuk kambing guling terbanyak.  Juga penghargaan bagi para petugas pemerintah yang berprestasi.
 
Pada pidato laporan pelaksanaan Jambore Peternakan Nasional 2017 kepada presiden, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan tengah mengubah mindset konsumsi protein hewani bukan hanya dari sapi saja tetapi bisa dr sumber protein lainnya seperti domba dan kambing.
 
“Nilai ekspor peternakan naik 22 %. Kita sudah mengekspor kambing, ayam, dan babi. Yang memasok Singapura adalah Indonesia. Kita sebetulnya sudah swasembada protein,” papar Amran.
 
Dia menyatakan telah lahir 1,4 juta ekor sapi lahir tahun lalu melalui program Upsus Siwab. Sedangkan total Rp 70 triliun pendapatan para petani. Tingkat pendapatan petani juga naik, dengan indikasi nilai tukar petani (NTP) 107 %, naik dari tahun lalu yang hanya 102 %.
 
Amran mengatakan telah menganggarkan Rp 100 miliar untuk membeli semen beku Belgian Blue tahun depan. Asuransi ternak untuk komoditas domba kambing juga telah dianggarkan.
 
Usai mendengar laporan Mentan dan menyampaikan pidato, presiden mengikuti sesi temu wicara dengan peternak daan stakeholder industri peternakan lainnya.
 
Puncak acara Jambore Peternakan Nasional 2017  bertema "Masyarakat sehat dan cerdas dengan protein asal ternak" dan "Bangga menjadi peternak Indonesia" ini dihadiri beberapa menteri, pejabat pemerintah baik dari pusat maupun daerah, perwakilan perusahaan swasta, perbankan, akademisi, dan ratusan peternak dari berbagai daerah di Indonesia. yops
Sumber : www.trobos.com/detail-berita/2017/09/24/57/9296/presiden-jokowi-inginkan-peternak-konsolidasi-membentuk-korporasi