Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Testimonials

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Sandro Rosell
FC Barcelona President

RINGKASAN/ABSTRAK

Jamaliah, Junaidi Pengaruh interval periode birahi kembali setelah beranak sapi Aceh pada Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Indrapuri. 

Penelitian  ini bertujuan untuk mendapatkan data dasar mengenai interval waktu yang diperlukan sapi Aceh sehingga didapat waktu yang tepat untuk dikawinkan baik secara alam maupun secara inseminasi buatan. 

Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret sampai bulan Agustus 2017,menggunakan 34 ekor induk sapi Aceh yang dibagi pada tiga kelompok umur yaitu masing-masing 3-4 tahun, 5-6 tahun dan 7-8 tahun.Data yang diperoleh kemudian ditabulasi dan diolah menurut Sudjana, (1985).

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa interval waktu yang dibutuhkan untuk birahi kembali setelah melahirkan pada sapi Aceh umur 3-4 tahun lebih singkat yaitu 81,41± 3.45 hari,umur,  5-6 tahun interval waktu birahi kembali 92,10± 2.40 hari, sedangkan pada umur yang lebih tua 7-8 tahun interval waktu birahi kembali 101,7± 361 hari.